Wednesday, May 9, 2007

Kesadaran yang Terlambat

Dua tahun sudah aku di Banda Aceh. Meskipun terkesan lambat, banyak perkembangan2 signifikan yang muncul dan berkembang di masyarakat. Beberapa sempat aku prediksi, namun beberapa yang lain betul-betul mengagetkan. Kekurangan ilmu jadi sebab kenapa yang terjadi hari ini tidak aku perkirakan sebelumnya. Aku masih harus banyak belajar... Sesuatu yang benar-benar jauh di luar bayanganku sebelumnya adalah pengaruh bantuan, baik nasional maupun internasional, bagi masyarakat Aceh. Beberapa bulan belakangan frekuensi dan volume permintaan masyarakat akan bantuan, baik perorangan maupun kelompok, makin besar. Aku jadi berpikir, ternyata dalam pembentukan mental dan etos masyarakat, bantuan membawa dampak yang luar biasa buruk. Dalam skala tertentu, hal tersebut memang diperlukan. Namun tanpa sebuah assessment yang matang, terencana, terutama dengan memperhatikan aspek-aspek psiko-sosial, itu semua hanya akan menghancurkan tata nilai yang hidup dalam masyarakat. Aku kemudian juga berusaha menganalisis apa saja yang sudah dilakukan BRR. Tampaknya - dalam jangka panjang terutama - banyak sekali program BRR yang berkontribusi besar bagi terdegradasinya moral dan etos hidup masyarakat Aceh. Menyedihkan memang, dan lebih menyedihkan lagi karena aku berpikir seharusnya aku sudah bisa melihat itu sejak lama. Sebuah pelajaran yang sangat berharga, tidak hanya untuk diriku sendiri, namun terutama bagi penyelenggara negara dari negeri tercinta ini...

No comments: